Grup Diskusi Blogger Pemula Indonesia

Diskusi Blogger PemulaSaya yakin jika anda blogger pasti anda sering yang namanya bergabung di sebuah grup, termasuk grup blogger. Kita tidak bisa mengandalkan ilmu dari om google, kita pasti butuh seseorang yang berpengalaman yang bisa diajak berdiskusi bersama langsung dengan kita, tentu belajar seperti itu akan lebih menyenangkan. Dan tentu semua itu kita bisa dapatkan di Grup Blogger

Namun dimana anda bisa menemukan grup yang bisa berdiskusi secara benar? Terkadang banyak grup blogger yang isinya hanya promosi blog masing-masing, sehingga yang namanya diskusi di dalam grup blogger tersebut tidak ada. Pantasnya grup tersebut dinamakan grup "Blogger Links" kali ya, hehe.

Nah disini saya akan memberikan sedikit rekomendasi bagi anda yang ingin mencari grup blogger yang benar-benar bisa diajak berdiskusi dan tentunya bisa mendapatkan ilmu tentunya.

Sebelum memberi tahu lebih detail mengenai grup ini, saya akan memberikan sedikit gambar grup ini. Grup ini memang masih terdengar asing di mata blogger, karena anggotanya pun masih minim kurang lebih sekitar 333 anggota. Insya Allah akan bertambah terus setiap harinya min. 3 anggota dan semuanya ikut aktif berdiskusi di grup ini. Banyak hal istimewa yang akan kita dapat nantinya jika bergabung di grup ini. Tapi saya ingatkan, grup ini hanya khusus untuk orang-orang yang ingin belajar ngeblog dengan serius bukan bermain-main, karena unsur utama dari grup ini adalah berdiskusi. Pasti anda sudah penasaran bukan apa nama grup ini? Selain namanya yang unik grup ini juga mempunyai keitimewaan yang jarang bahkan tidak ada di grup lain. Apa itu? Mari kita ulas di artikel ini.

Yaps, namanya adalah Diskusi Blogger Pemula. Sebagian dari anda mungkin sudah mengenal grup ini, namun bagaimana dengan yang lainnya? Diskusi Blogger Pemula adalah sebuah grup dimana isinya berisi blogger-blogger yang ingin dan masih belajar. Lalu apa isinya hanya orang-orang pemula? TIDAK! Meskipun dikatakan pemula tapi tidak berarti semua anggota termasuk pemula, banyak master-master yang dapat membimbing blogger yang ingin belajar. Tidak hanya yang kita kenal seperti mas Ichal, om Noviku, mas Ali Munandar (Kang Ocim), kang Dudi Jaya, mas Gentara (gen22), kang Oond Flipper dkk, tapi masih banyak sebenarnya yang sudah berpengalaman dalam dunia blog, hanya saja mereka masih belum menampakkan dirinya. :D

Kenapa Harus Didirikan Diskusi Blogger Pemula?


Sebagai blogger kita tentu membutuhkan orang yang dapat membimbing kita, dan salah satu ide saya untuk mendapatkan wadah seperti itu ialah membuat grup blogger. Grup yang benar-benar membimbing anggota-anggotanya agar dapat menjadi manusia yang sesungguhnya dalam hal ngeblog, meskipun saya sendiri masih belum dan akan terus belajar bagaimana mengatur, mengelola, mengoptimasi dan mempertahankan blog dari berbagai metode dan cms. Sungguh masih banyak ilmu yang belum saya tahu, maka dari itu dibuatlah Diskusi Blogger Pemula. Grup memang banyak bertebaran dimana-mana, tapi apakah semuanya masuk dalam grup yang berkualitas? Dan apa sesuai dengan tema yang dibahas?

Apa Keistimewaan Diskusi Blogger Pemula?


Di awal artikel sudah saya bilang sebelumnya. Keistimewaan DBP mungkin jarang bahkan tidak ada yang menyamai untuk saat ini. Karena grup ini memang dirancang khusus agar tetap memperlihatkan ciri khas DBP dibanding grup yang lain. Apa saja keistimewaan grup ini? Berikut:

Mempunyai Aturan dan Jadwal


Apakah ada grup lain yang memiliki jadwal dan aturan seperti Diskusi Blogger Blogger? Tidak kan, meskipun ada, mungkin itu hanya segelintir saja. Yaps, aturan dan jadwal itu digunakan untuk membatasi tingkah pola anggotanya agar tidak bertindak sembarangan di grup. Apa saja sih jadwal dan aturan tersebut? Inilah:


PERATURAN DI DBP

Kita tahu DBP tempatnya diskusi untuk blogger yang ingin belajar khususnya. Untuk kenyamanan serta kebersamaan di DBP, maka perlu dibuatnya peraturan agar membatasi kelakuan anggotanya. Dari dialog yang pernah diajukan salah satu anggota di DBP, maka berikut aturannya:


  • Topic khusus pada DBP adalah design, bisnis online, dan seo serta traffic.

  • Tidak diperbolehkan berkomentar OOT (Out Of Topic = Keluar dari Pembicaraan) di DBP. Komentar yang OOT akan dihapus dan akan diberikan peringatan. Untuk yang ingin OOT (Out Of Topic) silakan ke chat DBP saja.

  • Tolong untuk seluruh anggota harap aktif di DBP.

  • Tidak diperbolehkan mencantumkan link di wall/status di DBP yang bersifat promosi selain pada hari minggu, kecuali hal-hal yang berguna untuk anggota.

  • Bagi yang tidak pernah aktif di DBP, akan di kick.

  • Pada hari minggu, tidak diperkenankan untuk promosi link yang berfsifat porno, menghina grup/orang lain.

  • Tidak diperkenankan di DBP untuk berbicara kotor dan tidak senonoh.



JADWAL TOPIC di DBP

Kita semua tahu bahwa judul dari grup ini adalah Diskusi Blogger Pemula. Nah intinya grup ini adalah tempat berdiskusi antar blogger Indonesia. Maka dari itu saya hanya menerapkan untuk pasang link hanya boleh minggu, karena itu adalah hari refreshing dan nyaman untuk menaut link. Tolong mulai sekarang untuk tidak memasang link selain hari minggu.

Berikut jadwal topic di DBP agar bisa berdiskusi dan tidak asal nyepam:

Senin: Seo
Selasa: Bisnis Online
Rabu: Traffic
Kamis: Tutorial dan Tips Blog (Design)
Jum'at: Traffic
Sabtu: Keyword
Minggu: Refreshing (boleh menautkan link)

Catatan: Jangan terikat dengan jadwal di atas. Jika anda ingin bertanya sesuatu namun beda topic pada harinya, silakan saja kami tidak melarang.

NB : Hari minggu hanya boleh menautkan 1 Link


Yang paling ditekankan dari peraturan grup Diskusi Blogger Pemula ini adalah tidak adanya tebar link di wall kecuali pada hari minggu. Semua ini dilakukan agar terlihat nampak bahwa DBP merupakan tempat atau wadah untuk berdiskusi bagi blogger lainnya dan tidak terganggu karena adanya link-link yang kurang nyaman dilihat mata.
Adakah yang lainnya? Sebenarnya masih banyak ciri khas dari grup ini. Namun tidak akan dibahas secara mendetail di artikel ini. Untuk lebih jelas, silakan langsung saja bergabung di grup DBP disini.

Semoga dengan adanya grup Diskusi Blogger Pemula ini anda akan terbantu dan dapat berdiskusi disana. Amin :D"

3 Komentar

Diskusi Blogger Pemula mengatakan...

Diskusi Blogger Pemula memang grup yang aktif dan solid. Selain itu, peraturannya juga membuat anggota-anggotanya menjadi lebih terarah. Good luck for DBP

nidya mengatakan...

artikelnya menarik,
cara gabung ke grupnya gimana ya?

Unknown mengatakan...

Gimana cara gabung ke grup nya gan?

Posting Komentar