Kata Bijak dan Kata Mutiara Bahasa Jawa

Kata Bijak dan Kata Mutiara Bahasa Jawa - Kumpulan Kata Bijak memang ada banyak sekali macamnya, mulai dari yang berbahasa inggris, jepang, china, bahasa indonesia, sampai bahasa tradisional seperti bahasa jawa.

Di artikel ini, Dian Ribut akan memberikan daftat 10 kata bijak bahasa jawa yang mana kata bijak berbahasa jawa ini merupakan peninggalan dari leluhur dan berisi ajaran dalam menjalani hidup. Saya sendiri adalah orang jawa, jadi selain untuk mengejar keyword di google tujuan lainnya adalah untuk menyebarkan kata mutiara jawa peninggalan nenek moyang.
title=
Daftar kata mutiara bahasa jawa dibawah ini berjumlah 10 kata bijak jawa, dan didalamnya terkandung ajaran dari leluhur yang bisa anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Baiklah, berikut ini adalah kata bijak atau kata mutiara bahasa jawa:


  1. Tansah ajeg mesu budi lan raga nganggo cara ngurangi mangan lan turu. Artinya Kurangi makan dan tidur yang berlebihan agar kesehatan kita senantiasa terjaga.

  2. Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning Hyang sukmo. Artinya Lakukan yang kita bisa, setelahnya serahkan kepada Tuhan.

  3. Ambeg utomo, andhap asor. Artinya Selalu menjadi yang utama tapi selalu rendah hati.

  4. Ora kena nglarani. Artinya Jangan melukai orang lain.

  5. Golek sampurnaning urip lahir batin lan golek kusumpurnaning pati. Artinya Kita bertanggung jawab untuk mencari kesejahteraan hidup di dunia dan akhirat.

  6. Manungsa mung ngunduh wohing pakarti. Artinya Kehidupan manusia baik dan buruk adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri.
  7. Narimo ing pandum. Artinya Menerima segala rintangan dengan ikhlas.
  8. Adigang, adigung, adiguno. Artinya jaga kelakuan, jangan somobong dengan kekuatan, kedudukan, ataupun latarbelakangmu.

  9. Alam iki sejatining Guru. Artinya Alam adalah guru yang sejati.
  10. Gusti iku cedhak tanpa senggolan, adoh tanpa wangenan. Artinya Tuhan itu dekat meski kita tubuh kita tidak dapat menyentuhnya dan akal kita dapat menjangkaunya.

  11. Ala lan becik iku gegandhengan, Kabeh kuwi saka kersaning Pangeran€. Artinya Kebaikan dan kejahatan ada bersama-sama, itu semua adalah kehendak Tuhan.

  12. Urip kang utama, mateni kang sempurna. Artinya Selama hidup kita melakukan perbuatan baik maka kita akan menemukan kebahagiaan di kehidupan selanjutnya.

  13. Mohon, mangesthi, mangastuti, marem. Artinya Selalu meminta petunjuk Tuhan untuk meyelaraskan antara ucapan dan perbuatan agar dapat berguna bagi sesama.

  14. Memayu hayuning pribadi; memayu hayuning kulawarga; memayu hayuning sesama; memayu hayuning bawana. Artinya berbuat baik bagi diri sendiri, keluarga, sesama manusia, makhluk hidup dan seluruh dunia.
  15. Natas, nitis, netes. Artinya Dari Tuhan kita ada, bersama Tuhan kita hidup, dan bersatu dengan Tuhan kita kembali.

  16. Aja mbedakake marang sapadha-padha. Artinya Hargai perbedaan, jangan membeda-bedakan sesama manusia.
  17. Rela lan legawa lair trusing batinĂ¢€. Artinya Ikhlas lahir batin.
Jika artikel ini bermanfaat, sekiranya anda sudi untuk membagikan artikel ini di facebook atau twitter agar artikel kata bijak bahasa jawa ini cepat tersebar. Sekian dan selamat membaca artikel kata bijak bahasa jawa.

10 comments:

Obat Tradisional Kanker Hati said...

oh,saya baru kata2 bijak jawa, karena saya sendiri orang sunda. Dan mungkin saja karena di zaman sekarang ini kita terlalu sibuk dengan membudayakan bahasa gaul atau yang semacamnya. semoga kita bisa menjaga kelestarian budaya,bahasa,dan semua yang identitas bangsa ini.

Dhidhit said...

Wong Jowo ojo nganti ilang Jawane

Sehat alami maag kronis said...

Ternyata begitu ya kata" bijak Jawa...?
Makasih bnyak infonya..!!

Sehat alami tipes said...

Mantaapp nich kata bijaknya..!!

Nuno said...

Sinau basa jawa neng kene

sniper said...

kata bijak bhsa indo ada gan?

Obat Herbal Alami | Tradisional said...

point ke delapan saya sangat setuju, kita sering lupa jika sudah diatas, ini harus di amalkan agar dijauhkan dari sifat sombong

Obat Herbal Xamthone Plus said...

aduh ga ngerti bahasa jawa nih ,, jadi ga bisa ngertiin itu kata mutiaranya ..
kalo bisa di bikin dalam versi b.Indonesianya aja .. hehe

Sirojul Munir said...

manunggaling kawulo lan gusti iku sing paling penting

Okie said...

Bagus mas, ini pencerahan bahasa jawa ke depan